IODINE SEED MEMBERI HARAPAN HIDUP BARU BAGI PASIEN KANKER PANKREAS

News - November 22,2018 00:00 WIB

Post

Kanker pankreas dikenal sebagai The King of Cancer karena tingkat kesulitannya untuk disembuhkan. Sebagian besar pasien mendapatkan vonis kanker ketika sudah memasuki stadium lanjut, sebab di stadium awal kanker pankreas tidak menunjukkan gejala apa-apa.

 

“Begitu merasakan sakit perut, sakit punggung, berat badan menurun, dan mata kuning maka kanker pankreas bisa jadi sudah bukan lagi di tahap dini,” jelas Prof. Xu Kecheng, seperti dilansir dari fudahospital.com . Khusus bagi Anda yang berusia 40 tahun ke atas dan merasa perut tidak nyaman (sakit atau terasa mengeras), lalu disertai dengan berat badan yang terus menurun tanpa sebab, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

 

Rasa tidak nyaman dan sakit pada perut adalah indikasi yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab pankreas berada di lambung dan usus kecil, itu mengapa ketika ada pertumbuhan sel tumor maka nyeri perut di bagian atas sampai ke punggung, adalah gejala yang harus diwaspadai.

 

Dan setelah ditemukan, kanker pankreas bukanlah penyakit yang mudah dikalahkan. Pada stadium dini, operasi untuk membuang sel kanker bisa dilakukan tapi permasalahannya tak lebih dari 5 % kasus kanker pankreas bisa ditangani dengan operasi. Ditambah kelenjar pankreas yang sangat sensitif membuat operasi bisa menimbulkan berbagai komplikasi lanjutan. Inilah yang membuat usia harapan hidup pasien kanker sangat kecil.

 

Namun pada 2001, Dr. Korpan dari Austria mencetuskan gagasan untuk menangani kanker pankreas dengan cryosurgery. Ini menjadi titik terang atas pengobatan kanker pankreas. FUDA Cancer Hospital yang dipimpin Prof. Xu Kecheng pun melakukan percobaan cryosurgery pada babi yang mengidap kanker pankreas. Hasilnya sangat memuaskan karena ternyata membekukan kanker pankreas dengan cryosurgery cukup efektif membuat sel kanker mati dan membuat imun tubuh bekerja lebih lincah. Hingga kini, sudah lebih dari 100 kasus kanker pankreas ditangani dengan cryosurgery di FUDA Cancer Hospital. Bahkan 12 % diantara juga menderita infeksi pankreas akut, tapi cryosurgery berhasil membantu para pasien mengalahkan kanker pankreas.

 

Selain menggunakan teknologi cryosurgery, FUDA Cancer Hospital juga mengombinasikannya dengan iodine seed knife. “Ukuran pankreas tidak sebesar hati, sehingga sangat sulit untuk memperluas area yang dibekukan. Bagian pinggir pankreas hanya bisa dibekukan sampai suhu 0 derajat Celcius, sedangkan untuk mematikan sel kanker perlu dibekukan sampai -40 derajat Celcius. Jadi perlu perlu memperluas lingkup pembekuan hingga 1 sentimeter,” jelas Prof. Xu Kecheng.

 

Ukuran iodin seed knife yang kecil, Prof. Xu Kecheng melanjutkan, dapat menyentuh ke tepi-tepi pankreas. Plus iodine seed knife akan memancarkan sinar gamma selama 59 hari untuk membunuh sel kanker. “Teknologi kombinasi cryosurgery dengan iodine seed knife satu sama lain saling melengkapi untuk mematikan kanker pankreas.”

 

Prof. Xu Kecheng kemudian teringat salah satu survivor kanker FUDA Cancer Hospital asal Denmark yang memiliki kanker di bagian leher dan kepala pankreas. “Sel kankernya sangat besar, mencapai 12 sentimeter. Belum pernah ada kanker pankreas sebesar itu!” Lalu pasien tersebut menjalani cryosurgery dan sel kankernya berhasil susut 70%. Dalam hitungan bulan dengan sel kanker terus dibuat tidak berdaya dan hasil PET Scan menunjukkan kalau kanker pankreas pasien tersebut sudah berhasil dikalahkan.

 

Ada juga pasien dari Guangdong, Cina yang merasakan perut bagian atasnya terasa tidak enak yang disertai dengan frekuensi buang air yang bertambah. Ia pun memeriksakan diri dan ditemukan ada benjolan sebesar 2×4 sentimeter di bagian leher dari pankreasnya. Hasil biopsi semakin menegaskan adanya kanker pankreas dalam tubuh pasien tersebut. Ia pun langsung mendatangi FUDA Cancer Hospital dan menjalani cryosurgery serta penanaman 10 iodin seed knife. Hasilnya? “Kanker pankreas berhasil dikalahkan dan pasien kembali beraktifitas seperti biasa.”

 

Ingin tahu lebih detail tentang penanganan kanker pankreas di FUDA Cancer Hospital, silahkan hubungi kantor perwakilan kami di Indonesia.

 

FUDA CANCER HOSPITAL INDONESIA

 

Director Consultant FUDA Indonesian Office, Dr Liu Zhengping
Humas dan Penerjemah, Fanny Surjono

 

Ruko Gading Mediterania
Jl. Raya Boulevard Bukit Gading Mediterania Blok RK/1-A
Kelapa Gading Barat
Jakarta Utara 14240

 

Hubungi kami untuk konsultasi :

 

+62 21 300 34 221
+62 813 8548 8989
PIN BB : 5331BC93
Email : fudajakarta@yahoo.co.id; fuda.jkt@gmail.com

 

Foto: cancer.gov