+62851-0461-2299

Kail Penangkap Ikan Untuk Memancing Tumor Berbahaya

News - December 10,2019 00:00 WIB

Post

 

Cryoablasi menjadi salah satu perawatan yang efektif untuk kanker paru-paru. Namun terkadang, dokter mengalami masalah dalam menemui beberapa tumor pada paru- paru yang tersembunyi, seperti yang berada dekat jantung dan di samping organ- organ penting seperti diafragma. JIka tumor berada di tempat seperti ini, maka ablasi akan menjadi sulit dilakukan secara langsung sehingga cryoablasi tidak dapat digunakan untuk mematikan tumor ini, karena organ- organ penting seperti jantung juga akan rusak.

 

 

Lalu, Bagaimana cara menghilangkan tumor di zona berbahaya tanpa melukai organ- organ penting disekitarnya?

 

 

Untuk tumor yang berada dekat jantung, yaitu organ terpenting, jalan satu- satunya ialah “Injeksi air” dan “Injeksi angin” sehingga tumor bergeser sedikit dari organ penting tersebut. Tetapi efeknya ialah tumor tidak akan bergesar dalam bongkahan besar tetapi juga akan berkeliaran, sehingga semakin sulit untuk mencapai tujuan utama pengobatan.

 

 

 

Bibi Chang memiliki sejarah kanker usus besar, ia sudah pernah menjalani operasi serta radioterapi. Saat pemeriksaan tinjauan dokter menemukan sebuah nodul kecil di paru- parunya. Berdasarkan hasil pemeriksaan PET- CT ia didiagnosa dengan metastasis paru- paru. Setelah banyak melakukan konsultasi, Bibi Chang memilih RS Kanker Fuda yang terkenal dengan cryoablasinya.

 

Setelah berkonsultasi dengan tim dokter ahli, mereka memutuskan untuk melakukan operasi. Mereka menemukan bahwa nodul tersebut sebenarnya tidak besar, tetapi tumor hampir melekat disebelah jantung, sehingga tidak cocok untuk dilakukan cryoablasi, karena dapat merusak fungsi jantung. Sekali lagi tim dokter ahlipun berdiskusi untuk yang ketiga kalinya, setelah berunding mereka akhirnya menemukan jalan keluar, yaitu dengan menggunakan “kail penangkap ikan” dan cryoablasi secara bersamaan untuk menangkap tumor tersebut.

 

Dengan Wakil Direktur Prof Niu Lizhi sebagai ahli bedah utama, saat operasi mulai, Prof Niu pertama- tama menggunakan kail penangkap ikan jarum cryoablasi, untuk membunuh tumor. Lalu perlahan- lahan menarik tumor yang berada dekat jantung dengan kail ikan tersebut, menariknya hingga berada pada zona aman baru dibekukan hingga mati, serta meminimalisir kerusakan pada jantung. Dikarenakan dekat jantung, banyak terdapat pembuluh darah disekitarnya, jika sedikit saja menyentuh pembuluh darah besar sekali saja, maka akan terjadi pendarahan. Proses yang tampaknya sederhana ini, membutuhkan dokter dengan pengalaman tinggi untuk melakukannya. Dokter harus sangat fokus dan memiliki konsentrasi yang tinggi dalam ablasi tumor ini. Serta harus berkonsentrasi untuk memperhatikan organ- organ seperti jantung saat bergerak. Saat operasi kesalahan sekecil apapun tidak diijinkan disini, sehingga operasi memakan waktu hingga 1 jam.

 

 

 

Operasipun berjalan dengan lancar, dan tidak ada komplikasi setelah operasi. Selama dirawat dokter terus melakukan pemeriksaan terhadap jantung Bibi Chang. Dibawah pengawasan ketat tim dokter dan suster, tubuh Bibi Chang perlahan mulai pulih kembali. Melihat tumornya sudah mati dan hilang, iapun mulai tenang.

 

 

Kepala Bedah Prof Niu Lizhi berkata unutk mengatasi tumor yang berdekatan dengan jantung, cryoablasi dapat merusak jaringan disekitarnya sehingga tidak cocok digunakan. Tetapi dengan kombinasi dan ablasi pemanasan makan teknik ini dapat digunakan untuk membunuh musuh.

 

 

Keuntungan cryoablation untuk mengobati tumor paru-paru adalah ketika tumor itu berada dekat dengan organ-organ penting, yaitu dengan kail penangkap ikan sangat berguna untuk memindahkan tumor terlebih dahulu hingga ke zona aman sehingga mudah untuk dihancurkan. Teknologi pembekuan terus berkembang dan saya percaya bahwa kasus yang lebih sulit dan rumit saat ini dapat terpecahkan di masa depan dan membantu lebih banyak pasien lainnya.

 

 

 

 

Apa itu Cryoablasi?

 

Prinsip dasar dari Argon- helium Cryoablasi adalah pendinginan cepat jaringan kanker hingga berada di bawah  -160 ° C, lalu jarum kemudian dihangatkan secara perlahan sehingga menyebabkan sel- sel kanker mengalami dehidrasi dan pecah, dan pembuluh darah kecil hancur sehingga tumor mengalami hipoksia (kekurangan oksigen) lalu mati. Jaringan tumor yang mati juga meningkatkan antigen yaitu respon imun anti tumor dalam tubuh. Dan sel- sel kanker yang telah beku juga lebih sensitif terhadap kemoterapi dan radioterapi.

 

Dibandingkan dengan perawatan bedah tradisional seperti: radioterapi dan kemoterapi, teknologi cryoablasi memiliki banyak keuntungan. Misalnya, untuk pasien usia lanjut dan pasien dengan fungsi fisik yang buruk, cryoablasi yang tidak memerlukan operasi, sehingga tidak menyebabkan injuri yang terlalu besar untuk pasien, dengan masa pemulihan dan penyembuhan diri pasien menjadi lebih cepat. Seperti pada kasus kanker hati dini yang dapat sepenuhnya disembuhkan dengan cryoablasi sehingga mencapai efek yang lebih baik dibanding operasi pembedahan.