0851-0461-2299

China- Korea Selatan “Harapan Bagi Pasien Kanker Stadium Akhir”

News - June 28,2019 00:00 WIB

Post

 

—— RS Fuda dan RS Masyarakat Korea bekerja sama untuk melawan ‘Kanker’

 

 

 

 

Baru- baru ini diadakan sebuah pertemuan untuk membicarakan kerja sama antara China dengan Korea Selatan yang akan membahas proyek unuk “Pasien Kanker Stadium Akhir”. Pertemuan ini sendiri disponsori langsung oleh RS Fuda dengan RS Biomedis Masyaraka Hande, dari Korea Selatan, mereka memilih untuk datang ke RS Fuda, karena RS ini memiliki banyak pengalaman pengobatan minimal invasif pada kanker stadium akhir. Seperti ablasi Nano-knife, terapi intervensi vaskular, brachyterapi, immunoterapi, kombinasi, dll. Selain itu RS Fuda juga banyak belajar dari RS Kroea ayng lebih unggul dalam menangani psikologi pasien, memberikan semangat, nutrisi dan mereka memiliki peralatan rehabilitasi yang lebih baik. Kedua pihak berharap bahwa melalui pertemuan ini, dapat dibentuk sebuah sistem perawatan yang lebih efektif untuk pasien- pasien kanker.

 

 

 

 

GM Shijian pertama- tama memberikan pidato sambutan kepada para tamu, lalu ia juga memperkenalkan proses pengembangan di RS Kanker Fuda. Ia berkata “Status kesehatan setiap negara tidak sama, China memiliki populasi yang sangat besar, sehingga jumlah pasien juga banyak. Maka negara berusaha untuk memenuhi kebutuhan pasien akan perawatan medis, teknologi medis dan layanan medis, sehingga China memiliki perkembangan yang pesat dalam bidang kedokterannya tersebut yang sejalan dengan standar perawatan Internasional. Di saat yang sama Tiongkok dengan Korea Selatan telah membangun persahabatan dalam bidang kedokteran yaitu termasuk perkembangan teknologi, peralatan, diagnosis, perawatan medis yang terus berkembang. Serta bertukar ide serta konsep- konsep baru dalam layanan klinis yang tidak dapat dibatasi. Sedangkan RS kami RS Fuda telah memberikan pelayanan medis bagi pasien yang berasal lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Sebagai rumah sakit bertaraf Internasional yang sejati tidak luput kami siap melayani lebih banyak lagi pasien Korea. “

 

 

 

 

 

Selanjutnya, Wakil Presiden Park Sung-ho memberikan pengantar singkat mengenai teknik perawatan khusus yang ada di RS Fuda seperti terapi cryoablasi, perawatan nano-knife, dan terapi intervensi mikrovaskuler. Tamu asal Koreapun pada saat ini mendengarkan dengan sangat antusias, mengenai teknologi medis unggulan RS Fuda. Lalu Prof Niu Lizhi, juga menjelaskan mengenai karakteristik teknologi medis tersebut dan cara penggunannya. Mereka lalu melakukan diskusi mendalam, Presiden Jiang Zongyu dari Korea mengatakan “Perawatan kanker di Korea Selatan saat ini masih mengandalkan pengobatan konvensional seperti pembedahan, radioterapi, kemoterapi, dll. Dan sekarang semakin banyak pasien kanker stadium akhir yang terus mencari perawatan terbaru yang dapat dilakukan. Tetapi akibat keterbatasan akses serta informasi, mereka menjadi sangat menderita karena pada akhirnya mereka tidak punya pilihan lain dan harus memilih perawatan paliatif. Teknologi perawatan tumor minimal invasif khusus dari Rumah Sakit Kanker Fuda dan perawatan rehabilitasi tumor khas Korea jika digabungkan maka akan sangat kompatibel, diharapkan melalui kerja sama ini, ‘Proyek untuk Pasien Kanker Stadium Lanjut’ dapat terlaksana dengan baik dan dapat lebih banyak merawat pasien kanker Korea.”

 

 

 

 

Pada 22 Juni, para tamu undangan datang untuk mengamati proses cryoablasi. Selama operasi Prof Park Xianghao menjelaskan dengan rinci keuntungan dan infikasi dari cryoablasi, yang dilanjutkan oleh pujian dari para tamu kepada teknologi serta pelayanan yang luar biasa dari operasi minimal invasif di RS Kanker Fuda.

 

 

 

 

Tamu dari Korea juga memuji pencapaian luar biasa para ahli Rumah Sakit Kanker Fuda dalam bidang perawatan minimal invasif tumor. Mereka mengatakan bahwa pengobatan untu pasien kanker stadium lanjut merupakan masalah kesehatan utama di seluruh dunia. Namun Korea selatan memiliki pengobatan terintegrias yang cukup unik seperti menggabungkan terapi fisik dan biologis, perawatan psikologis, spiritual, nutris, dll. Untuk secara komprehensif meningkatkan perawatan pasien kanker stadium lanjut, maka kesehatan fisik dan mental pasien merupakan tujuan utama perawatan sehingga pengobatan lainnya menjadi lebih efektif bagi pasien itu sendiri. Dan untuk menambahkan perawatan tunggal yang tidak dimiliki rumah sakit- rumah sakit di Korea, maka RS Fuda memberikan solusinya yaitu dengan menciptakan terapi personil yaitu “3C+P” sehingga memberikan lebih banyak pilihan pengobatan dan membantu pasien kanker stadium lanjut, guna memperpanjang waktu serta kelangsungan hidup pasien kanker dan juga meningkatkan kualitas hidup mereka”

Jika kedua konsep ini digabungkan maka akan membawa harapan baru bagi pasien kanker stadium lanjut. Oleh karena itu "Proyek Kanker Pasien Harapan Tingkat Lanjut" akan dilakukan dengan menggabungkan perawatan khas Korea dengan minimal invasif kanker ala Tiongkok, sehingga pasien kanker di Korea dapat memilih untuk melakukan perawatan minimal invasif di RS Fuda, dan perawatan rehabilitasi atau lanjutan di Korea. Maka tujuan dari perawatan gabungan kerja sama antara kedua negara ini telah tercapai yaitu membawa manfaat besar bagi pasien kanker. Di saat yang sama kerja sama ini juga memberikan peluang untuk pertukaran akademis dan klinis di masa depan.

 

 

 

 

Di akhir acara, GM Shijian mengatakan bahwa RS Fuda berharap dapat terus menciptakan metode pengobatan serta kerja sama yang baik sehingga membawa harapan dan keberanian kepada pasien kanker stadium lanjut. Dan juga semoga metode minimal invasif ini dapat membantu saudara- saudara kanker stadium lanjutan di Korea.