Menyembuhkan Kanker Tanpa Operasi dan Rasa Sakit? Mungkinkah?

Blog - December 01,2018 00:00 WIB

Post

Saat mendengar penyakit kanker, selain pengobatan dengan metode kemoterapi lokal (kemolokal), tindak operasi pembedahan juga lumrah dikenal oleh masyarakat. Tindak operasi yang dilakukan guna mengangkat jaringan kanker yang bersarang di tubuh memang menjadi pengobatan umum yang dilakukan untuk mengatasi kanker.

 

Namun tahukah Anda, tak hanya tindak pembedahan saja, mengatasi kanker tanpa operasi kini juga memungkinkan. Adalah teknik Cryosurgery yang bisa menjadi alternatif pengobatan penyakit kanker yang cenderung tidak menyakitkan dibandingkan dengan pengobatan kanker lainnya. Cryosurgery menjadi salah satu pengobatan kanker yang telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) tahun 1998 dan SFDA China pada tahun 1999.

 

Mengapa Cryosurgery?

 

Pada beberapa kasus seperti kondisi kesehatan yang buruk dan kondisi yang lemah, tindak operasi pembedahan untuk mengatasi penyakit kanker yang diderita kerap kali memang tidak disarankan. Pasien akan disarankan untuk menjalani tindak pengobatan lainnya, seperti tindak Cryosurgery yang kini semakin populer.

 

Anda yang masih asing dengan tindak pengobatan kanker ini harus tahu, tindak Cryosurgery bisa menjadi pilihan karena tindak operasi invasif minimal ini dapat mengatasi, mengecilkan, menghentikan perkembangan, dan membunuh sel kanker tanpa adanya operasi terbuka.

 

Salah satu pengobatan alternatif kanker yang semakin diminati ini memang bisa diaplikasikan pada tumor atau sel abnormal berukuran kecil ataupun besar. Bahkan Cryosurgery juga dapat diaplikasikan pada sel abnormal ataupun tumor yang lokasinya dekat dengan pembuluh besar yang pada metode operasi konvensional, sangatlah berisiko jika dilakukan tindak operasi pembedahan. Bahkan untuk kanker dengan tumor tunggal maupun jamak, cryosurgery menjadi alternatif pengobatan kanker pilihan yang aman untuk dilakukan demi kesembuhan penyakit kanker yang diderita seseorang, baik itu kanker paru-paru, kanker tulang, kanker mata, kanker prostat, kanker mulut, kanker lidah, kanker kulitkanker rektum, tumor otakkanker payudara, kanker ovariumkanker liverkanker sarkomakanker pankreas, kanker serviks dan jenis kanker lainnya.

 

Tim Dokter Melakukan Operasi Bedah di Ruang Operasi Modern

 

Pada penyakit kanker dengan ukuran tumor atau sel abnormal yang besar sekalipun misalnya, Cryosurgery dapat dilakukan dengan 2-3 tahap tanpa memerlukan bedah terbuka karena jarum hanya ditusukkan lewat kulit. Teknik Cryosurgery bisa dijadikan terapi tunggal atau kerap pula dikombinasikan dengan kemoterapi dan radioterapi dengan tingkat keberhasilan mematikan sel kanker yang sangat tinggi.

 

Anda yang takut menjalani tindak operasi pembedahan tak perlu risau lagi karena Cryosurgery hanya membutuhkan lubang sebesar jarum berukuran 2-8mm. Pada lubang berukuran kecil tersebutlah jarum akan dimasukkan ke sel abnormal atau sel kanker melalui bantuan teknik endoskopi. Dengan teknik ini, sel-sel kanker akan dibekukkan dengan gas argon sampai -160 derajat celcius. Saat temperatur memasuki -40 derajat celcius, kristal es akan terbentuk dan memutus oksigen di area sel abnormal sehingga dapat mematikan sel-sel kanker yang bersarang di tubuh pasien.

 

Setelahnya, secara perlahan suhu akan dinaikkan 20-40 derajat celcius dengan gas helium pada tahap pencairan. Pada tahap inilah sel imun akan mulai bereaksi untuk kembali mematikan sel-sel kanker. Gas argon akan kembali dialirkan untuk membekukan tumor. Proses pembekuan dan pencairan ini akan dilakukan dalam beberapa siklus hingga tumor pun menyusut dan sel-sel kanker menjadi mati. Dengan pengobatan alternatif kanker ini, secara perlahan tumor akan menyusut, menghilang dan hanya meninggalkan bekas luka. 

 

Reaksi tubuh terhadap teknik ini pun sangat responsive. Hal ini  dikarenakan sel-sel kanker sudah dilumpuhkan dengan pembekuan maka sel imun tubuh bisa lebih agresif dalam mematikan sel-sel kanker. Bahkan banyak penelitian yang menyebutkan kekambuhan kanker sangat kecil ketika sel kanker dimatikan dengan teknik Cryosurgery dibanding dengan metode operasi konvesional.

 

FUDA Cancer Hospital, Terapkan Cryosurgery dan Combined Immunotherapy for Cancer (CIC)

 

Di Indonesia teknik Cryosurgery memang belum begitu populer, namun salah satu rumah sakit China yaitu FUDA Cancer Hospital Ghuanzou memperkenalkan pengobatan ini lewat rumah sakit representatif bernama RS Kanker FUDA.

 

Penggunaan Cryotheraphy Dengan Nitrogen Cair Dalam Dermatologi

 

Lewat RS Kanker FUDA yang telah berdiri sejak tahun 2006 silam, pasien penderita kanker dapat berkonsultasi dengan para dokter kanker terbaik untuk mencari solusi terbaik dalam upaya menyembuhkan penyakit kanker jenis apapun. Pasien yang telah menjalankan perawatan di FUDA Cancer Hospital, Ghuanzou juga dapat lebih mudah untuk menjalani rawat jalan dan juga konsultasi dengan dokter ahli FUDA di Jakarta terkait perkembangan kesehatan dari waktu ke waktu.

 

Sebagai salah satu rumah sakit kanker terbaik di asia yang sudah menerapkan teknologi Cryosurgery sejak tahun 2000 silam dan hingga saat ini, FUDA Cancer Hospital telah dipercaya menjadi rumah sakit yang bekerja secara maksimal dalam menyembuhkan penyakit kanker. Kemampuan FUDA Cancer Hospital untuk melakukan Cryosurgery sudah diakui dunia karena sudah lebih dari 5.000 kasus kanker dari kurang lebih 34 jenis kanker yang ditangani FUDA Cancer Hospital dengan teknik Cryosurgery.  Tak heran, kini ada lebih dari 70 negara di seluruh dunia yang mempercayai pengobatan penyakit kanker di Fuda Cancer Hospital, termasuk negara Indonesia.

 

Pengalaman yang telah dimiliki FUDA Cancer Hospital dalam menangani penyakit kanker dengan teknik Cryosurgery ini tak hanya membuat para pasien kanker tertarik untuk melakukan pengobatan di FUDA Cancer Hospital, tetapi juga menarik perhatian para dokter penyakit kanker. Bahkan International Society of Cryosurgery sampai mereferensikan para dokter di seluruh dunia untuk belajar Cryosurgery di FUDA Cancer Hospital demi upaya menyembuhkan berbagai penyakit kanker.

 

Sebab sebagai organisasi yang beranggotakan para pakar cryosurgery, FUDA Cancer Hospital dianggap telah memiliki pengalaman terbanyak dalam melakukan operasi invasif minimal. Tak hanya itu saja, FUDA Cancer Hospital juga dinilai sangat unggul dan berpengalaman dalam menerapakan teknik cryosurgery. Bahkan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, FUDA Cancer Hospital juga memiliki pengobatan alternatif lain seperti Combined Immunotherapy for Cancer (CIC).

 

Metode pengobatan yang juga sudah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat dan Kementerian Kesehatan Cina ini sudah diterapkan FUDA Cancer Hospital lebih dari 10 tahun.

 

Pengobatan Combined Immunotherapy for Cancer (CIC) dilakukan dengan mengambil sel imun dari dalam tubuh pasien penderita kanker. Lalu di laboratorium, sel imun tersebut akan dilatih menjadi pembunuh sel kanker. Nah, saat dikembalikan ke dalam tubuh pasien itulah, sel “pembunuh professional” ini akan bekerja efektif dalam mematikan setiap sel kanker, termasuk sel abnormal yang baru muncul. Inilah alasan mengapa RS Kanker FUDA menjadi rumah sakit kanker Indonesia pilihan yang telah terbukti mampu memberikan pelayanan maksimal untuk para penderita penyakit kanker apapun.