Cryosurgery, Pengobatan Alternatif Kanker yang Kini Dipercaya Di Seluruh Dunia

Blog - December 01,2018 00:00 WIB

Post

Penyakit kanker erat dikaitkan dengan pengobatan berupa kemoterapi, baik itu kemoterapi umum maupun kemolokal (kemoterapi lokal). Pengobatan yang dilakukan dengan memberikan obat tertentu berbentuk pil atau disuntikkan ke dalam pembuluh darah melalui infus ini memang cenderung lebih populer sebagai pengobatan penyakit kanker di kalangan masyarakat luas.

 

Padahal, kemoterapi tak menjadi satu-satunya pengobatan penyakit kanker. Ada pula pengobatan alternatif kanker lainnya seperti operasi pembedahan, radioterapi, dan biopsi. Bahkan, kini ada pula pengobatan Cryotherapy atau Cryosurgery, metode penyembuhan kanker tanpa operasi terbuka yang cenderung tidak menyakitkan dibandingkan dengan pengobatan kanker lainnya.

 

Sejarah Pengobatan Cryosurgery

 

Meski pengobatan ini belum sepopuler pengobatan kemoterapi lokal, sebenarnya Cryosurgery bukanlah pengobatan baru karena pengobatan ini sudah ada sejak dulu kala. Bahkan sebelum kemoterapi digunakan untuk menyembuhkan penyakit kanker pada abad ke 20, Cryo, begitu singkatannya telah lebih dahulu hadir sebagai pengobatan alternatif kanker.

 

Dalam jurnal yang ditulis oleh Dan Theodoreschu dengan judul “Cancer Cryotherapy: Evolution and Biology” disebutkan bahwa penggunaan Cryotheraphy atau Cryosurgery pada kanker sudah ada di Inggris sejak tahun 1850-an. James Arnott, seorang dokter dari Inggris-lah yang pertama atau mempopulerkan pengobatan Cryosurgery modern untuk mengobati kanker.

 

Dengan memanfaatkan es yang telah dihancurkan atau digerus, James Arnott mencampurkan es tersebut dengan sodium klorida hingga menciptakan cairan bersuhu- 240C. Lalu, Arnott merancang alat yang terdiri dari dua selang fleksibel yang terhubung dengan tabungan berisi carian ekstrim dingin. Dengan menggunakanan alat tersebutlah, Arnott mengobati penyakit kanker payudara.

 

Arnott tak hanya menerapkan pengobatan alternatif kanker ini pada kanker payudara saja, dalam publikasi Jama Dematology Juni 2001, SM Cooper dari Churchill Hospital di Oxford mengungkapkan tak hanya kanker payudara saja yang diatasi, ragam jenis kanker lain seperti kanker payudarakanker paru-parukanker rektum, tumor otak, kanker tulangkanker liverkanker sarkomakanker pankreas, kanker mata, kanker prostat, kanker ovarium, kanker kulit, kanker lidah, kanker mulut, kanker serviks juga dapat diatasi dengan cryotherapy atau Cryosurgery.

 

Teknik Pengobatan Cryosurgery untuk Penyakit Kanker

 

Cryosurgery merupakan pengobatan alternatif kanker yang juga dikenal sebagai operasi invasif minimal sebab tanpa adanya operasi terbuka, Cryosurgery dapat mengatasi, mengecilkan, menghentikan perkembangan, dan membunuh sel kanker.

 

Teknik pengobatan ini hanya membutuhkan lubang sebesar jarum berukuran 2-8mm dimana jarum akan dimasukkan ke sel abnormal melalui bantuan teknik endoskopi. Lalu dengan teknik ini, sel-sel kanker akan dibekukkan dengan gas argon sampai -160 derajat celcius. Saat temperatur memasuki -40 derajat celcius, kristal es akan terbentuk dan memutus oksigen di area sel abnormal hingga sel-sel kanker tersebut pun mati.

 

Setelahnya, secara perlahan suhu akan dinaikkan 20-40 derajat celcius dengan gas helium pada tahap pencairan. Di tahap inilah sel imun akan mulai bereaksi untuk kembali mematikan sel-sel kanker. Gas argon akan kembali dialirkan untuk membekukan tumor.

 

Proses pembekuan dan pencairan ini akan dilakukan dalam beberapa siklus hingga tumor pun menyusut dan sel-sel kanker menjadi mati. Dengan pengobatan alternatif kanker ini, secara perlahan pula tumor akan menyusut, menghilang dan hanya meninggalkan bekas luka. Bekuan yang mencair akan diserap tubuh atau dikeluarkan lewat kateter.

 

Pengobatan yang kini semakin populer ini memang bisa diaplikasikan pada tumor atau sel abnormal berukuran kecil ataupun besar. Bahkan Cryosurgery juga dapat diaplikasikan pada tumor yang lokasinya dekat dengan pembuluh besar yang pada metode operasi konvensional, sangatlah berisiko untuk dioperasi. Tak hanya itu  saja, untuk kanker dengan tumor yang tunggal maupun jamak, Cryosurgery tetap menjadi pilihan yang aman dalam upaya mengatasi penyakit kanker yang diderita seseorang.

 

Pada penyakit kanker dengan ukuran tumor atau sel abnormal yang besar sekalipun, Cryosurgery dapat dilakukan dalam 2-3 tahap tapi tetap tanpa memerlukan bedah terbuka karena jarum hanya ditusukkan lewat kulit. Teknik Cryosurgery bisa dijadikan terapi tunggal atau dikombinasikan dengan kemoterapi dan radioterapi dengan tingkat keberhasilan mematikan sel kanker yang sangat tinggi.

 

Cara Kerja Cryosurgery, Pengobatan Alternatif Kanker yang Kini Dipercaya Seluruh Dokter Kanker di Seluruh Dunia

 

Dokter biasanya akan merekomendasikan perawatan Cryosurgerery sesuai dengan kondisi, riwayat kesehatan, dan stadium kanker yang diderita pasien. Reaksi tubuh terhadap teknik ini pun sangat responsif, dikarenakan sel-sel kanker sudah dilumpuhkan dengan pembekuan maka sel imun tubuh bisa lebih agresif dalam mematikan sel-sel kanker. Bahkan banyak penelitian yang menyebutkan kekambuhan kanker sangat kecil ketika sel kanker dimatikan dengan teknik Cryosurgery dibanding dengan metode operasi konvesional.

 

FUDA Cancer Hospital, Terapkan Cryosurgery Sejak Tahun 2000

 

Meski belum populer, Cryosurgery sudah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat pada tahun 1998 dan State Food and Drug Administration (SFDA) China pada tahun 1999. Cryosurgery diklaim sebagai teknologi kedokteran terkemuka untuk menangani kanker.

 

FUDA Cancer Hospital Ghuanzou merupakan satu rumah sakit kanker yang sudah menerapkan teknologi Cryosurgery untuk menyembuhkan penyakit kanker. Sejak tahun 2000 silam dan hingga saat ini, kemampuan FUDA Cancer Hospital untuk melakukan Cryosurgery sudah diakui dunia. Setidaknya sudah lebih dari 5.000 kasus kanker dari kurang lebih 34 jenis kanker yang ditangani FUDA Cancer Hospital dengan teknik pengobatan alternatif kanker ini. Tak heran, kini ada lebih dari 70 negara di seluruh dunia yang mempercayai pengobatan penyakit kanker di FUDA Cancer Hospital, termasuk negara Indonesia.

 

Pengalaman yang telah dimiliki FUDA Cancer Hospital dalam menangani penyakit kanker dengan teknik Cryosurgery ini tak hanya membuat para pasien kanker tertarik untuk melakukan pengobatan di FUDA Cancer Hospital, tetapi juga menarik perhatian para dokter penyakit kanker. Bahkan International Society of Cryosurgery sampai mereferensikan para dokter di seluruh dunia untuk belajar Cryosurgery di FUDA Cancer Hospital demi upaya menyembuhkan berbagai penyakit kanker. 

 

Sebab sebagai organisasi yang beranggotakan para pakar Cryosurgery, FUDA Cancer Hospital dianggap telah memiliki pengalaman terbanyak dalam melakukan operasi invasif minimal. Tak hanya itu saja, FUDA Cancer Hospital juga dinilai sangat unggul dan berpengalaman dalam menerapakan teknik Cryosurgery.

 

Bagi Anda ataupun keluarga yang menderita penyakit kanker, tak ada salahnya untuk mencoba pengobatan Cryosurgery di FUDA Cancer Hospital. Di Indonesia, terdapat RS Kanker FUDA yang merupakan kantor representatif FUDA Cancer Hospital yang berdiri sejak tahun 2006 silam. Di RS Kanker FUDA ini pasien penderita kanker dapat berkonsultasi dengan para dokter kanker terbaik untuk mencari solusi terbaik dalam upaya menyembuhkan penyakit kanker yang diderita.

 

Dengan adanya RS Kanker FUDA Indonesia pula, pasien yang telah menjalankan perawatan di FUDA Cancer Hospital Ghuangzou dapat lebih mudah dalam menjalani rawat jalan dan juga konsultasi dengan dokter ahli FUDA di jakarta terkait perkembangan kesehatan para pasien.

 

RS Kanker FUDA Indonesia Berada di kawasan Kelapa Gading tepatnya Di Jalan Raya Boulevard Bukit Gading Mediterania Blok Rk/1-A, Rt.5/Rw.14, Kelapa Gading Utara. Salah satu rumah sakit kanker indonesia ini siap menjembatani dan melayani pasien dengan baik sesuai dengan kebutuhan pasien penderita kanker. Klik di sini untuk melakukan reservasi.