0851-0461-2299

Kanker Prostat Menghilang

Blog - March 14,2019 00:00 WIB

Post

Pagi ini seorang pasien asal Filipin bernama Alberto mengunjungi perwakilan kantor RS Fuda di Centuria Medical Mekati, Manila. Setelah membaca hasil MRI nya dengan seksama dokter berkata dengan bergairah“Kanker prostat anda sudah hilang!”

 

Pada bulan Agustus 2018, Alberto yang berumur 71 tahun, ia tinggal di Manila, Filipin mengalami buang air kecil yang mendesak, sering bolak-balik ke toilet dikarenakan ingin buang air kecil, dan urin meningkat di malam hari. Hasil pemeriksaan darahnya di rumah sakit setempat menunjukkan bahwa standar prostate dalam darah atau PSA sebesar 11,55 ng/ml. Dan hasil MRInya menyatakan ia memiliki tumor pada bagian prostatnya. Oktober 2018, ia pergi ke rumah sakit setempat yang lebih besar untuk melakukan biopsi. Hasilnyapun menunjukkan bahwa ia menderita tumor ganas dibagian prostat bagian kanan,  kiri dan belakang.

 

Juni 2018, alberto mengalami strok, dan ia juga memiliki diabetes dan tekanan darah tinggi selama 15 tahun, jadi ia belum dapat memutuskan pengobatan apakah yang akan ia jalani selanjunya, apakah operasi atau tidak. 12 November 2018, ia mengunjungi kantor perwakilan RS Kanker FUDA di Manila dan bertemu Dr Mu Feng. Dr Mu Feng berkata kepadanya bahwa pasien dengan kanker prostat lokal, terutama pada orang tua yang memiliki penyakit kronis lainnya, serta tidak ingin menjalani operasi, mereka dapat memilih metode minimal invasif seperti Cryoablasi atau Cryosurgery.

 

Metode ini memang pertama- tama dikenalkan oleh dokter di Amerika serikat untuk menangani kasus kanker prostat, yang sudah diakui oleh FDA, Amerika sejak tahun 2003.  Professor Katz AE dan Rewcastle JC melaporkan dalam sebuah ringkasan klinis mengenai Cryoablasi bagi pasien dengan kanker prostat dalam sebuah jurnal medis berjudul Current Oncology Reports (2003 5(3) pp. 231–238).” Dalam jurnal ini tertulis bahwa Cryoablasi dapat menjadi pilihan utama untuk menangani lokal prostat kanker.  Didalamnya juga ditarik sebuah kesimpulan bahwa dibandingkan dengan pasien yang menjalani operasi, radioterapi, brachyterapi dan juga terapi hormon, pasien kanker prostat yang menjalani Cryoablasi dapat bertahan lebih lama 5 tahun tanpa perkembangan tumor tersebut dalam 10 tahun terakhir. FUDA Cancer Hospital di Tiongkok sendiri sebagai salah satu rumah sakit kanker terbaik di Asia telah menangani lebih dari 400 kasus kanker prostat dengan Cryoablasi. Dengan metode ini mereka mendapatkan efek samping yang lebih sedikit, lebih sedikit rasa sakit, dan lebih cepat pulih.  Setelah mendengarkan penjelasan ini, Alberto memutuskan untuk pergi ke FUDA Cancer Hospital di Guangzhou, Cina untuk menjalani pengobatan kanker tanpa operasi. Dengan bantuan staff FUDA di Manila dalam pembuatan visa berobat, Alberto tiba di Guangzhou pada 30 November 2018.

 

Setelah menjalani serangkaian di FUDA Cancer Hospital, Guangzhou, pada 5 Desember 2018, setelah serangkaian pemeriksaan lebih lanjut dan diskusi dengan para ahli, Alberto menjalani Cryoablasi dan juga penanaman biji Iodine-125 dengan mulus untuk kanker prostatnya. Dan pada 14 Desember 2018, ia sudah diperbolehkan kembali ke negara asalnya.

 

Tim Dokter Melakukan Operasi Pengangkatan Kanker Prostat Alberto

 

Pada Febuari 2019, Alberto kembali datang ke kantor perwakilan kami di Manila untuk konsultasi tinjauan. Ia datang dengan membawa hasil MRI-nya yang dilakukan di rumah sakit setempat UERM MRI Center, Manila. Dr. Mu Feng merasa sangat bahagia membaca hasil laporan tersebut yang menuliskan“Kelenjar prostat: berukuran normal 2.5x3.2x3.1cm (AP/T/CC) dengan volume 12.5cm3 (sebelumnya 31cm3). Tumor yang terlihat sebelumnya pada bagian kiri depan garis transisi dan kiri depan stroma tidak terlihat lagi.”PSA 0.25ng/ml

 

Hasil MRI Yang Dilakukan Di Rumah Sakit Setempat UERM MRI Center, Manila

 

“Kanker prostat anda sudah hilang”seru Dr. Mu Feng. Alberto pun tersenyum dengan bahagia dan berterimakasih karena ia telah bertemu dokter kanker terbaik yang tepat sehingga ia dapat sembuh.