0851-0461-2299

Jangan Berkecil Hati, Penyakit Kanker Bisa Diobati dengan Berbagai Macam Cara

Blog - February 05,2019 00:00 WIB

Post

Saat dokter memvonis adanya sel kanker yang bersarang di tubuh, banyak orang yang putus asa dengan kondisi kesehatan yang dimiliki. Padahal, kanker bisa diobati, terlebih jika terdeteksi sedini mungkin. Sebab, saat penyakit kanker terdeteksi dengan cepat, langkah pengobatan untuk mencegah perkembangan, pertumbuhan sel kanker ke jaringan tubuh lainnya dapat segera diberikan. Sel kanker dapat mengecil atau bahkan terbunuh dengan berbagai macam metode pengobatan kanker yang kini semakin beragam.

 

Macam-macam Pengobatan Kanker

 

Ada berbagai macam pengobatan kanker yang bisa menjadi pilihan. Dokter biasanya akan merekomendasikan pengobatan kanker sesuai dengan riwayat kesehatan, jenis penyakit kanker, dan stadium kanker yang diderita. Pengobatan kanker yang umumnya diberikan meliputi:

 

Operasi Pembedahan

 

Proses Penyembuhan Kanker Melalui Operasi Bedah

 

Operasi pembedahan merupakan salah satu tindak pengobatan yang dilakukan untuk membuang sel abnormal atau tumor yang bersarang di tubuh. Umumnya, operasi pembedahan direkomendasikan untuk mengatasi penyakit kanker dengan stadium awal.

 

Kemoterapi

 

Proses Penyembuhan Kanker Melalui Kemoterapi

 

Penyakit kanker bisa diobati dengan jalan kemoterapi. Pengobatan kanker yang dikenal masyarakat luas ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari mengonsumsi obat kemoterapi berbentuk pil atau cairan yang diminum hingga melalui suntikan obat kemoterapi melalui infus.

 

Adapun dalam mengatasi penyakit kanker, kemoterapi bekerja untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, menghancurkan sel kanker, hingga mencegah kekambuhan atau berkembangnya sel kanker kembali. Pengobatan kanker dengan kemoterapi umumnya dilakukan sebelum operasi atau terapi radiasi. Namun bisa pula dilakukan setelah operasi ataupun terapi radiasi dilakukan.

 

Kemoterapi Lokal

 

Proses Penyembuhan Kanker Melalui Kemoterapi Lokal

 

Beberapa rumah sakit, seperti FUDA Cancer Hospital Guangzhou, China, telah menerapkan kemoterapi lokal atau yang biasa disebut kemolokal yang cenderung lebih kecil efek sampingnya dibanding kemoterapi sistemik.

 

Sebab, kemoterapi lokal dilakukan dengan cara mengantarkan obat kemoterapi langsung ke dalam sel kanker yang ada di tubuh. Metode ini lebih minim dalam menyebabkan kerusakan pada sel tubuh yang sehat karena obat kemoterapi tidak dialirkan ke seluruh tubuh, tetapi langsung pada sel kanker. Inilah yang menyebabkan mengapa kemoterapi lokal dianggap lebih aman dan lebih efektif dalam membunuh sel kanker dibanding dengan kemoterapi sistemik.

 

Radioterapi

 

Proses Penyembuhan Kanker Melalui Radioterapi

 

Radioterapi atau terapi radiasi merupakan prosedur pengobatan yang memanfaatkan gelombang energi tinggi untuk membunuh dan memperlambat pertumbuhan kanker. Umumnya agar pengobatan radioterapi bekerja lebih efektif, pengobatan lain seperti kemoterapi atau operasi pembedahan akan direkomendasikan.

 

Cryosurgery

 

Proses Penyembuhan Kanker Melalui Cryosurgery

 

Cryosurgery merupakan pengobatan kanker minim efek samping yang diklaim mampu mengatasi berbagai macam jenis tumor atau sel kanker yang bersarang di tubuh. Pengobatan alternatif kanker yang memanfaatkan nitrogen cair ini mampu mengatasi, mengecilkan, menghentikan perkembangan kanker, hingga membunuh sel kanker yang bersarang di tubuh.

 

Tidak seperti metode operasi pembedahan, tindak Cryosurgery hanya membutuhkan lubang sebesar jarum berukuran 2-8mm. pada lubang tersebutlah jarum elektroda kecil akan dimasukkan ke dalam sel kanker. Setelah masuk ke dalam sel abnormal atau sel kanker, teknik pembekuan kanker dengan gas argon sampai -160 derajat celcius akan dilakukan. Saat temperatur memasuki -40 derajat celcius, sel kanker akan membeku seperti kristal es dengan tujuan agar sel kanker terbunuh.

 

Setelah itu, secara perlahan suhu akan dinaikkan 20-40 derajat celcius dengan gas helium sebagai tahap pencairan. Pada tahap inilah sel imun akan mulai bereaksi untuk kembali mematikan sel-sel kanker. Gas argon akan kembali dialirkan untuk membekukan tumor. Proses pembekuan dan pencairan ini akan dilakukan dalam beberapa siklus hingga tumor pun menyusut dan sel-sel kanker menjadi mati. Dengan pengobatan Cryosurgery inilah secara perlahan tumor akan menyusut dan menghilang tanpa merusak jaringan normal disekitarnya.

 

Pengobatan kanker tanpa operasi dengan metode Cryosurgery kini sudah diterapkan berbagai rumah sakit. RS Kanker FUDA salah satunya. Rumah sakit ini telah menangani 5000 kasus dengan berbagai macam jenis kanker yang berbeda dengan teknik Cryosurgery.

 

Imunoterapi

 

Proses Penyembuhan Kanker Melalui Imunoterapi

 

Pengobatan kanker dengan metode imunoterapi kini memang semakin populer. Banyak rumah sakit yang menerapkan pengobatan ini, termasuk RS Kanker FUDA.

 

Imunoterapi merupakan pengobatan kanker yang mmemanfaatkan sistem kekebalan tubuh atau imun manusia untuk melawan kanker. Caranya adalah dengan mengambil sel imun dari dalam tubuh pasien penderita kanker lalu di laboratorium, sel imun tersebut akan dipilih yang terbaik untuk “dilatih” membunuh sel kanker.

 

Setelah “terlatih” sel imun akan dikembalikan ke dalam tubuh pasien. Sel inilah yang akan bekerja efektif dalam mematikan setiap sel kanker, termasuk sel abnormal yang baru muncul. Pengobatan imunoterapi dapat dikombinasikan dengan pengobatan lain tergantung dari rujukan dokter. 


 
Itulah pengobatan kanker yang bisa menjadi pilihan. Anda yang mengalami gejala penyakit kanker tertentu, atau mengalami munculnya benjolan abnormal pada bagian tubuh tertentu seperti payudara, segera periksakan diri ke dokter. Sebab semkain cepat terdeteksi, semakin cepat pula penanganan yang akan Anda dapatkan.

 

Adapun untuk mencegah penyakit kanker, ada berbagai macam langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah aktif bergerak. Aktif bergerak di sini bukan berarti hanya berolahraga saja, tetapi berbagai aktifitas fisik lainnya seperti berjalan, membersihkan rumah, membersihkan mobil, berlari juga harus dilakukan.

 

Anda yang bekerja di kantoran juga harus aktif bergerak dan jangan biarkan pekerjaan kantor mengurangi aktivitas fisik. Saat jam makan siang, gunakan tangga darurat untuk naik turun tangga agar tubuh tetap bergerak aktif. Sebab, aktivitas fisik dapat mengurangi berbagai macam risiko penyakit, termasuk risiko penyakit kanker.

 

Selain aktif bergerak, pastikan pula asupan makanan yang dikonsumsi merupakan makanan sehat.  Makanan cepat saji ataupun junk food sebaiknya dihindari karena selain rendah gizi, makanan tersebut juga diyakini mampu meningkatkan risiko penyakit kanker dengan merusak DNA tubuh. Untuk Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, segera turunkan berat badan dengan menerapkan pola hidup sehat agar obesitas tak lagi diderita.Sebab orang yang menderita obesitas lebih berisiko untuk terkena penyakit kanker dibandingkan dengan orang yang menjaga berat badannya dengan baik.

 

Adapun bagi Anda yang merokok, hentikan kebiasaan merokok. Sebab hampir 22 persen kematian kanker disebabkan oleh nikotin, zat yang terkandung pada rokok. Jadi tak ada jalan lain selain segera menghentikan kebiasaan satu ini agar risiko terkena penyakit kanker menjadi berkurang.

 

Nah, selain merokok, hindari juga konsumsi minuman beralkohol. Menurut World Health Organization (WHO), risiko seseorang untuk terkena kanker akan bertambah jika orang tersebut mengonsumsi alkoho, terlebih jika sudah kecanduan alkohol. Sebab semakin banyak alkohol yang Anda konsumsi, semakin besar pula risiko untuk terkena penyakit kanker.

 

Di Indonesia, hadir RS Kanker FUDA yang merupakan kantor representatif FUDA Cancer Hospital yang berdiri sejak tahun 2006 silam. Di RS Kanker FUDA ini pasien penderita kanker dapat berkonsultasi dengan para dokter kanker terbaik untuk mencari solusi terbaik dalam upaya menyembuhkan penyakit kanker yang diderita.

 

FUDA memiliki tim ablasi Cryo, tim intervensi micro-vascular cancer, tim kombinasi imunoterapi, dan tim operasi kepala dan leher, kanker tiroidkanker servikskanker rektumkanker ovariumkanker payudarakanker paru-parukanker tenggorokankanker sarkomakanker mulutkanker kulitkanker lidahkanker matakanker pankreaskanker liverkanker ginjalkanker tulangtumor otakkanker prostatkanker testiskanker lambung, kanker darah dan kanker hepato-bilier. FUDA merupakan rumah sakit kanker terbaik di asia yang mendapatkan akreditas the Joint Commission International (JCI).